6+ Cara Mematikan HP iPhone dengan Mudah

Cara Mematikan HP iPhone

Cara mematikan HP iPhone ini perlu Anda pelajari, terutama untuk Anda yang akan berpindah device, dari Android ke iOS atau iPhone. Pasalnya, banyak sekali pengguna iPhone baru yang tidak mengerti bagaimana cara mematikan iPhone. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mematikan iPhone dengan mudah dan praktis. 

Cara Mematikan HP iPhone dengan Mudah

Perlu Anda ketahui, bahwa biasanya untuk mematikan iPhone ini Anda perlu menekan dan menahan tombol tertentu lalu menyeret slider ke arah kanan. Namun, hal ini tergantung pada model perangkat iPhone yang Anda gunakan. Nah, apabila Anda merasa kesulitan dalam menggunakan tombol tersebut, maka Anda bisa menggunakan menu pengaturan saja. Lantas, bagaimana caranya?

1. iPhone X atau iPhone 11

iPhone X atau iPhone 11

Cara mematikan HP iPhone yang pertama bisa Anda coba adalah pada iPhone X atau iPhone 11. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda ikuti saja langkah-langkah dibawah ini. 

  1. Pertama, silahkan Anda tekan dan tahan tombol volume dan tombol yang ada di sisi kanan perangkat iPhone secara bersamaan. Setelah beberapa detik, maka slider pun akan tampil pada layar iPhone Anda tersebut. 
  2. Langkah selanjutnya, silahkan Anda seret slider ke arah kanan. Dengan begitu, maka iPhone pun akan mati. Biasanya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 30 detik hingga iPhone berhasil dimatikan. 
  3. Tekan dan tahan tombol yang ada pada sisi kanan untuk menyalakan iPhone kembali. Anda bisa melepaskan jari dari tombol setelah logo Apple ditampilkan di layar iPhone Anda tersebut.

2. iPhone SE gen 2, iPhone 8/7/6

iPhone SE gen 2

Cara mematikan iPhone yang selanjutnya ini bisa Anda coba untuk iPhone seri SE generasi ke-2, atau iPhone seri 8/7/6. Lantas, bagaimana caranya?

  1. Pertama, silahkan Anda tekan dan tahan tombol yang ada di sisi kanan perangkat iPhone. Tombol ini biasanya ada di bagian atas perangkat, tepatnya di ujung kanan ponsel. Setelah beberapa detik, slider pun akan tampil. 
  2. Setelah itu, seret slider ke arah kanan. Geser tombol “slide to power off” ke arah kanan. Dengan begitu, maka iPhone pun akan dimatikan. 
  3. Tekan dan tahan tombol yang ada pada sisi kanan iPhone untuk menyalakan kembali perangkat tersebut. Anda bisa melepaskan jari dari tombol setelah logo Apple tampil di layar iPhone Anda tersebut

3. iPhone SE gen 1, iPhone 5

iPhone 5

Jika penjelasan sebelumnya menunjukkan cara mematikan HP iPhone untuk seri iPhone baru, kali ini akan dibahas bagaimana cara mematikan iPhone pada seri SE generasi 1, iPhone 5 dan model yang lebih lama. 

  1. Pertama, silahkan Anda tekan dan tahan tombol yang berada di sisi atas perangkat iPhone Anda tersebut. Tombol ini biasanya terdapat di bagian atas iphone, tepatnya ada di ujung kanan iPhone. Setelah beberapa detik, maka slider pun akan ditampilkan di layar. 
  2. Setelah itu, seret saja slider ke arah kanan. Dengan begitu, maka iPhone pun akan dimatikan secara otomatis. Mungkin, akan membutuhkan waktu sekitar 30 detik sampai iPhone benar-benar mati. 
  3. Jika sudah, silahkan Anda tekan dan tahan tombol yang berada di sisi atas perangkat lagi untuk kembali menyalakan iPhone tersebut. Angkat jari dari tombol setelah logo Apple ditampilkan di layar iPhone Anda tersebut.

4. Menggunakan Menu Pengaturan

Selain ketiga cara diatas, Anda juga bisa mematikan iPhone dengan menggunakan menu pengaturan yang ada di handphone Anda tersebut. Cara ini berlaku untuk iOS dengan versi 11 dan yang lebih baru. Untuk caranya, silahkan Anda simak saja langkah-langkah berikut ini. 

  1. Pertama, silahkan Anda buka menu pengaturan yang ada pada iPhone Anda tersebut. Menu ini ditandai dengan ikon roda gerigi yang biasanya ditampilkan di home screen. Namun, ikon ini juga mungkin tersimpan dalam folder. 
  2. Setelah itu, silahkan Anda geser layar dan sentuh general. Opsi ini berada di bagian atas dari kelompok pengaturan yang ketiga. 
  3. Geser layar Anda dan pilih menu shut down. Setelah beberapa detik, slider pun akan ditampilkan. 
  4. Anda bisa seret slider ke arah kanan untuk mematikan iPhone Anda tersebut. 

Perlu Anda ketahui, bahwa mengirimkan kontak dalam format VCF ini merupakan sebuah dukungan yang cukup jadul. Jadi, Anda bisa menggunakannya secara lebih fleksibel untuk berbagai macam ponsel, bukan hanya Android maupun iPhone saja. 

Cara Mematikan iPhone Tanpa Tombol

Cara mematikan HP iPhone selanjutnya bisa Anda lakukan tanpa menggunakan tombol. Untuk caranya, Anda bisa menyimak langkah-langkah lengkapnya dalam penjelasan berikut ini. 

  1. Pertama, silahkan Anda buka iPhone Anda tersebut. 
  2. Masuk ke menu pengaturan. 
  3. Pilih aksesibilitas. 
  4. Selanjutnya, silahkan klik opsi ‘sentuh’. 
  5. Lalu, aktifkan ‘assistive touch’.
  6. Pilih ‘sesuaikan menu level atas’.
  7. Anda juga perlu menambahkan ikon dengan cara klik tanda plus (+) atau bisa edit ikon yang sudah ada. 
  8. Selanjutnya, temukan menu SOS dan tekan selesai yang ada pada bagian pojok kanan atas. 
  9. Setelah itu, silahkan Anda kembali ke home. 
  10. Klik tombol ‘assistive touch’ yang berbentuk tombol bulat putih atau abu transparan. 
  11. Lalu, pilih SOS dan layar pun akan menampilkan tombol geser untuk mematikan iPhone Anda tersebut. 
  12. Geser tombol tersebut ke arah kanan.

Dengan cara ini, Anda bisa mematikan perangkat tanpa perlu menekan tombol fisik pada iPhone Anda tersebut. 

Cara Restart iPhone Tanpa Tombol

Setelah Anda memahami bagaimana cara mematikan iPhone, maka kali ini Anda juga harus mempelajari bagaimana cara restart iPhone tanpa menggunakan tombol fisik iPhone tersebut. Jadi, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa restart ini sangat berbeda dengan mematikan iPhone. 

Perlu Anda ketahui, jika saat mematikan Anda perlu menghidupkan ulang handphone secara manual, maka berbeda dengan restart handphone yang akan mati dan hidup secara otomatis. Bagi Anda yang ingin mengetahui tahapannya, maka silahkan simak saja langkah-langkah berikut ini. 

  1. Pertama, silahkan Anda masuk ke ‘pengaturan’. 
  2. Lalu, pilih ‘aksesibilitas’.
  3. Pilih ‘assistive touch’. 
  4. Aktifkan terlebih dahulu fitur ini jika memang masih mati. 
  5. Lanjut, pilih ‘sesuaikan menu level atas’.
  6. Klik ikon untuk mengedit menu atau klik tanda plus (+) untuk menambahkan menu. 
  7. Pilih mulai ulang. 
  8. Kemudian, tekan selesai yang ada di bagian pojok kanan atas layar. 
  9. Klik tombol ‘assistive touch’. 
  10. Pilih mulai ulang, maka iPhone Anda pun akan melakukan restart secara otomatis. 
  11. Tunggu prosesnya selesai beberapa saat beberapa saat. 

Dan inilah beberapa cara mematikan HP iPhone dan bagaimana cara merestart iPhone yang perlu Anda ketahui. Jika memang cara-cara diatas masih belum bisa Anda lakukan secara maksimal dan memang terdapat masalah pada iPhone Anda, maka Anda bisa mematikan iPhone Anda secara paksa dengan menekan dan menahan tombol power disertai dengan tombol home secara bersamaan selama beberapa saat hingga layar hitam dan muncul logo Apple. 

Diberdayakan oleh Blogger
About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap